Defragment Hardisk Pada Windows 8 dan 10

Sumber Gambar :pixabay.com

     Postingan kali ini akan membahas mengenai Defragment Hardisk pada Windows 8 dan 10,oke kita langsung saja ke pembahasannya.

A.Pengertian Disk Defragmenter
  
     Disk defragment merupakan suatu program dengan berinduk pada sistem operasi komputer (OS),kemudian disk defragmenter berguna untuk menyusun kembali file-file yang diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja maupun tidak sengaja.Jika kalian membuka file apapun jenis filenya secara automatik windows akan bekerja atau mengambil ruang secara automatik dalam penempan space atau bagian partition dalam suatu hardisk.

B.Manfaat
  • Melakukan scandisk hardisk secara non-direct,sebab sebenarnya sebelum proses defrag, HDD akan discandisk terlebih dahulu, untuk memastikan validitas & verifikasi cluster.
  • Menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk karena degfagmenter mampu mengelakkan/ membetulkan bad sector dalam hardisk ataupun error program
  • Dapat mempermudah pencarian file (Search file) karena dengan defragmentasi maka file akan tersususun urut sesuai dengan waktu, tanggal,susunan huruf secara alfabet
  • Mempercepat proses pembacaan data dari storage dalam hal ini hardisk, sebab dengan defrag maka file akan tersusun terpusat & shorted / tersortir sesuai dengan digit alfabet
  • Setiap file yang berantakan dan tidak rapih di dalam hardisk defragmenterisk komputer akan menjadi lebih rapi dan juga berurutan peletakannya.
C.Cara Melakukan Defrag

1.Di kolom Cortana atau search yang berada di sebelah kanan logo windows ketikkan defrag,kemudian klik defragment and optimise drives
 2.Kemudian pilih yang mau di defrag contohnya untuk data d,kemudian klik Analyze untuk mengetahui perlu tidaknya disk tersebut di-defrag.

  
Untuk melaksanakan defrag tidak ada angka pasti berapa %,untuk beberapa sumber jika lebih dari 5% maka sebaiknya lakukan defrag.

3.untuk melakukannya Klik Optimize untuk menjalankan defrag.


Dan tunggu sampai selesai

Info lain:
1.boleh melakukan defrag sambil mengoperasikan aplikasi lainnya.Tapi untuk mendapat hasil yang terbaik, lebih baik menggunakan aplikasi yang ringan.
2.Tidak disarankan untuk melakukan defrag satu minggu sekali, apalagi setiap hari,idealnya melakukan defrag yaitu satu bulan sekali.
3.Untuk memori berjenis SSD bekerja dengan cara yang berbeda, sehingga apabila komputer menggunakan disk jenis ini,maka defrag tidak perlu lagi di gunakan.



      Disk Defragmenter memiki banyak manfaat, tapi jika terlalu sering dilakukan juga akan berdampak buruk bagi komputer khususnya hardisk.Untuk beberapa dampak negatif dari disk defragmenter adalah sebagai berikut :
  1. Bisa mengurangi umur hardisk sobat, karena hardisk akan lebih cepat panas.
  2. Bisa menurunkan rotasi kepingan hardisk.
  3. Dapat mempengaruhi firmware HDD yang akan membuat pembacaan register berbeda dengan aslinya.
https://www.sumberberedukasi.com/2018/02/tips-dan-trik.html
#iklan_trap
     
     Cukup sekian untuk pembahasan kali ini,silahkan jika ingin berkomentar atau memberikan saran,mohon maaf apabila ada kesalahan semoga pembahasan ini dapat bermanfaat.Jika artikel di atas terdapat kekeliruan atau kesalahan,mohon untuk hubungi saya melalui contact atau melalui komentar.
 

Sumber:
https://berandalicik.blogspot.com/2016/12/pengertian-fungsi-dan-cara-melakukan.html
http://www.lsp-telematika.or.id/blog/halaman/post/pengertian-dan-fungsi-disk-defragmenter.html
https://dosenit.com/ilmu-komputer/tips-trik/disk-defragmenter
http://caracodir.blogspot.com/2016/06/manfaat-cara-dan-dampak-disk.html 
https://dailysocial.id/post/tutorial-melakukan-defrag-disk-di-windows-10
https://edunimox.blogspot.com/2019/03/fungsi-defrag-di-windows-10-dan-caranya.html



EmoticonEmoticon